Bebaskan Diri dari Hutang Inilah Caranya

Siapapun pastinya pernah berhutang. Memang, kehidupan seringkali memaksa seseorang untuk berhutang. Jika hal ini sudah terjadi dan hutang ada dimana-mana tentu saja bisa membuat stress.

Lalu bagaimana caranya bisa terbebas dari hutang? Berikut ada 5 cara untuk Anda dapat terbebas dari hutang seperti dikutip dari laman Kabar24.

1. Ketahui jumlah hutang Anda

Pertama-tama, Anda harus memberanikan diri untuk mengetahui berapa banyak hutang yang Anda miliki. Mulai dengan hitung jumlah tagihan kartu kredit yang belum Anda bayar, kemudian tanyakan kepada teman atau keluarga yang memberikan hutang pada Anda.

Sebesar apa pun hutang Anda, yakinkan diri bahwa Anda bisa melunasi semuanya. Setelah membuat daftar hutang yang dimiliki, Anda bisa melakukan tahap selanjutnya.

2. Buat perencanaan



Misalnya, Anda bisa memulai dengan membayar hutang kartu kredit, karena hutang ini bisa bergulung akibat bunga yang tinggi. Hindari membayar tagihan kartu kredit dengan mengikuti biaya minimun dan pilih bayar penuh setiap bulannya, agar tagihan Anda tidak membengkak akibat bunga.

Setelah tagihan kartu kredit Anda lunas semuanya, barulah Anda bisa mulai mencicil hutang pada teman atau keluarga.

3. Tahan godaan

Dalam tahapan mencicil hutang Anda, tahan godaan untuk tidak belanja atau menggesek kartu kredit Anda. Selalu belanja berbagai kebutuhan dengan uang tunai. Jika uang Anda sudah habis di dompet, artinya sudah saatnya Anda berhenti belanja.

4. Jangan bayar hutang dengan berutang

Hindari pula kebiasaan membayar hutang dengan berutang. Sama saja Anda menutup lubang dengan menggali lubang baru. Sebisa mungkin bayar hutang dengan pendapatan Anda sendiri.

5. Hilangkan kebiasaan buruk

Setelah hutang Anda lunas, kini saatnya Anda menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda terlilit hutang. Jika kartu kredit adalah kelemahan, maka lebih baik tutup saja kartu Anda. Biasakan menabung dan miliki dana darurat. Dengan begitu keuangan Anda akan bisa lebih sehat.

Baik Tatamoris, itulah 5 cara agar Anda bisa terbebas dari hutang dan Anda bisa menjalani kehidupan Anda dengan tenang.
 

Bikin perencanaan tentang bagaimana Anda akan membayarnya. Lakukanlah dengan perlahan-lahan, jika hutang itu ternyata lebih besar dari gaji bulanan Anda.

0 Comments:

Please give a good comment, that good suggestion, no spam, phising, no gamling, no porn, no add link.