10 CARA CERDAS MENGELOLA KEUANGAN PRIBADI

Penghasilan sebesar apapun, yang didapat sebagai pekerja tidak akan pernah menemui kata cukup untuk memenuhi segala kebutuhan. Terlebih jika kita konsumtif dan jika tidak dikelola dengan baik, manajemen keuangan tidak teratur. Tabungan tak pernah banyak. Akan ada  saja kebocoran demi kebocoran yang tidak disadari dan tidak diketahui, tahu-tahu sudah ludes.

Biaya hidup yang semakin meroket, sungguh semakin membuat kewalahan dan sulit untuk dibendung. Peningkatan biaya hidup semakin sulit dipenuhi. Jika tak cukup pintar mengelola keuangan dan disiplin keras akan kewalahan dan keteteran.

Tak ingin terus terus terjadi kebocoran dan minus berikut 10 cara cerdas mengelola keuangan pribadi:

1. Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber

Perbesar pendapatan anda niscaya tidak ada masalah dalam belanja. Namun berapapun besar gaji atau penghasilan anda akan habis ludes tanpa dikelola dengan baik.

Hal ini akan lebih mudah dengan mempunyai banyak sumber penghasilan. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang.

2. Tetapkan Tujuan Jangka Panjang dan Jangka Pendek Keuangan

Bila ini tidak ditetapkan kita akan menggunakan uang sembarangan, apalagi uang selalu dibawa-bawa di dompet. Akan ada saja alasan mereka keluar, entah itu hanya untuk kebutuhan sosial menjamu teman, dlsb. 

Menetapkan tujuan keuangan jangka panjang seperti, membeli kendaraan dan rumah, dan jangka pendek kebutuhan sehari-hari dan menyiapkan dana darurat adalah langkah bijak.

Mungkin juga anda suatu saat ingin jalan-jalan keluar negeri.

3. Buatlah Rencana Belanja
 
Rata-rata kebanyakan orang gajinya habis di awal bulan, sayangnya pos-pos penting dilewatkannya dan uang dihabiskannnya dengan cara tidak jelas dan tidak tercatat. 

Sebaiknya buat anggaran tahunan, dengan memisahkan pos-pos yang beda dan dari perbelanjaan. 

4. Jangan tergoda dengan setiap penawaran promo perjualan

Toko memang didesaign untuk menguras kantong Anda
sehabis-habisnya. Jangan tergiur dan tergoda dengan promo diskon atau dan lain sebagainya. Catat apa yang mau dibeli dan jangan lebih ... dalam berbelanja. Katakan tidak pada setiap tawaran.

5. Mencari Produk Serupa yang Menawarkan Harga Lebih Murah 


Penetapan harga produk di sebuah toko ternyata bisa jauh lebih mahal dari harga awal produk tersebut. Jika ketika ingin membeli satu produk dan melihat harga yang lebih rendah tercantum di tempat lain atau online, jangan ragu untuk pindah ke toko tersebut.

6. Buat Riset Online Sebelum Belanja di Toko

Situs review produk, dan gudang diskon online sering memberikan informasi tentang bagaimana dan di mana untuk menemukan penawaran terbaik.

Apalagi jika ada tawaran pengiriman gratis, bisa membuat pembelian online sebagai pilihan.

7. Mulai Bisnis Sendiri

Seperti di Amerika, resesi mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewirausahaan, sebagai cara untuk mengambil kembali kendali kehidupan finansial mereka.

Bahkan usaha relatif kecil, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.


8. Catat Pengeluaran Pribadi Batasi Uang yang dibawa didompet
 

Melacak setiap pengeluaran selama dua minggu dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya taksi. Jangan bawa uang terlalu banyak atau ATM atau pun kartu kredit kecuali perjalanan penting.

9. Negosiasikan Gaji Kembali  

Banyak pekerja merasa beruntung memiliki pekerjaan dalam kondisi saat ini. Namun kadang meminta kenaikan gaji dapat menjadi langkah yang lebih cerdas.

Jika Anda baru saja berganti pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari dibayar rendah dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain, mungkin sudah saatnya untuk duduk dengan atasan dan meminta kenaikan gaji.

10. Jangan Menghindar dari Utang 


Utang memiliki reputasi buruk karena dinilai menyebabkan kebangkrutan. Namun mengambil kredit dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna.

Kredit
memungkinkan orang untuk membeli rumah maupun membiayai keperluan mendesak lainnya.  Tapi tetap evaluasi keputusan tentang utang ini dengan mempertimbangkan dampaknya secara hati-hati. (yud)

1 comment:

  1. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (roseannamoore70@gmail.com)

    ReplyDelete

Please give a good comment, that good suggestion, no spam, phising, no gamling, no porn, no add link.